filter air hws handal water heater

Pengertian, Jenis dan Manfaat Filter Air

Air sangat penting untuk kelangsungan hidup semua makhluk dan sangat penting untuk kesehatan manusia. Air digunakan untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan beberapa kebutuhan lainnya. Oleh sebab itu, kebersihan air haruslah tetap terjaga. Gunakan filter air untuk membuat air menjadi bersih.

Semua orang tidak selalu tahu apa yang tersembunyi di air yang digunakan setiap hari. Apakah Anda memiliki air ledeng atau menggunakan air sumur pribadi, bisa jadi air yang dikonsumsi mengandung kontaminan yang berdampak negatif terhadap kesehatan Anda dan keluarga.

Apa itu Filter Air?

Filter atau penyaringan air adalah sebuah metode mengeluarkan kontaminan dari air dengan menghilangkan semua sedimen dan zat yang tidak diinginkan seperti bahan kimia berbahaya.
Filter meningkatkan rasa dan bau serta mengurangi tingkat kontaminan kimiawi dalam air minum. Ada beberapa filter yang bisa menghilangkan semua racun yang diketahui ada di air yang Anda konsumsi. Sistem penyaringan air akan menjamin bahwa air minum Anda bebas dari kontaminan berbahaya seperti bakteri dan logam berat.
Sistem penyaringan air merupakan cara yang efisien untuk meningkatkan kualitas air tanpa harus membuang air secara sia-sia.Sistem penyaringan air benar-benar sangat berfungsi untuk membantu masalah air tertentu seperti sedimen tinggi, rasa fluorida atau klorin yang ada sehingga bisa bagus sekali untuk kesehatan tubuh.

Banyak sistem penyaringan air menggunakan karbon aktif yang menghambat racun mikroskopis yang tidak diinginkan masuk ke dalam air minum Anda. Disadari atau tidak, air banyak sekali dikontaminasi oleh zat berbahaya berbasis karbon dan sistem penyaringan air ini bisa sangat efektif dalam menjaga air minum Anda tetap aman dan sehat. Sekalipun PDAM mungkin mengklaim bahwa air yang Anda konsumsi bebas dari kontaminan, timbunan mineral dapat menyebabkan kerusakan pada pipa ledeng dan peralatan seiring waktu, dan menyebabkan
kulit kering dan teriritasi.

Jenis-jenis Filter Air

Ada beberapa jenis penyaring air yang bisa digunakan, di antaranya adalah :

1. Filter Karbon Aktif

Pertama adalah filter karbon aktif atau pra-filter yang umumnya berfungsi untuk menghilangkan partikel
yang lebih besar seperti sedimen dan lumpur dari air. Alat ini bekerja dengan menarik dan menyerap
partikel-partikel dalam air sehingga tidak lagi ada cairan kotor yang keluar dari kran.
Filter karbon aktif juga akan memastikan bahwa air di rumah Anda tidak berbau karena keunggulan dari sistemnya adalah mengurangi bau dan menghasilkan rasa yang jauh lebih enak. Bau dan rasa yang lebih  enak ini muncul karena sistem mengurangi jumlah klorin dan kontaminan lain yang dapat membuat air Anda berbau atau sangat tidak enak untuk diminum.

2. Reverse Osmosis

Filter jenis reverse osmosis ini sangat populer karena memiliki kemampuan untuk menghilangkan semua jenis kontaminan yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Ya, filter ini secara efektif bisa menghilangkan fluorida, kromium heksavalen, arsenik, nitrat, tembaga,radium, garam, dan banyak lagi kandungan berbahaya lainnya dari air. Jenis filter ini juga memastikan
bahwa hasil air Anda akan jernih dan bebas bau.

3. Ionizer Alkali

Filter ionizer alkali menggunakan proses yang disebut elektrolisis. Artinya, air melewati benda yang bermuatan listrik, dan dipisahkan menjadi dua aliran. Aliran pertama bersifat basa dan yang lainnya
bersifat asam. Hasil dari sistem penyaringan menggunakan alat ini adalah air menjadi lebih jernih dengan keasaman rendah yang jauh lebih baik untuk kulit Anda.

4. Filter UV

Filter UV mungkin adalah salah satu teknologi terbaru di pasaran. Saat radiasi ultraviolet digunakan untuk mengolah air, sinar UV memiliki kemampuan untuk menghancurkan berbagai bakteri yang dapat
merusak kesehatan tubuh.
Kalau memang Anda suka sistem filter yang lebih ramah lingkungan untuk memurnikan air a, maka jenis filter satu ini mungkin bisa menjadi jawabannya karena tidak memerlukan bahan kimia atau panas
tambahan agar efektif.

5. Filter Inframerah

Seperti halnya filter alkali, teknologi ini digunakan untuk membantu menjernihkan air. Jadi, apabila Anda tinggal di wilayah perairan yang airnya ‘keras’ dan buruk, maka teknologi inframerah ini akan membantu.
Sama seperti filter alkali, inframerah menggunakan panas dan cahaya untuk mengisi air dan memberikan rasa yang lebih enak diminum.

6. Distilasi

Terakhir, ada sistem distilasi yang membuat air Anda menjadi murni. Distilasi bisa menghilangkan tingkat kontaminan tertinggi dalam air. Sayangnya alat distilasi ini terbilang yang paling mahal di antara yang lainnya.
Alat ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan air yang bersih di lingkungan Anda dengan cepat. Hal ini karena waktu pengerjaan yang dibutuhkan untuk menghasilkan air yang jernih hanyalah 1 jam per liter
tergantung kapasitas sistem.

filter air hcmf handal water heater
filter air stainless steel handal

Manfaat Menggunakan Sistem Penyaringan Air

Di bawah ini ada beberapa manfaat utama memasang sistem penyaringan air di rumah Anda, apa saja itu :

1. Air minum yang Lebih Aman

Meskipun air Anda berasal dari PDAM, air tersebut masih dapat mengandung kontaminan seperti timbal dan bahan kimia seperti fluorida dan klorin yang sering ditambahkan. Sebagian besar air keran dan air sumur di Indonesia masih mengandung kontaminan pada tingkat tertentu karena polusi.
Satu-satunya cara untuk mengetahui zat apa saja yang ada di air Anda adalah dengan mengujinya. Memasang sistem penyaringan air memastikan Anda minum dan menggunakan air bersih, dan mengkonsumsi  air murni dan bersih sama halnya menjaga tubuh tetap sehat.

2. Mandi Dengan Air yang Lebih Sehat

Meminum air yang terkontaminasi tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga bisa berpengaruh kepada kulit tubuh. Tubuh akan menyerap kontaminan berbahaya melalui kulit.
Bahan kimia seperti klorin, sekalipun dianggap aman, jika penggunaannya berlebihan pastinya juga dapat menyebabkan iritasi dan kulit kering. Untungnya, memasang filter di tempat suplai air rumah Anda bisa meminimalisir resiko tersebut. Baik Anda meminum segelas air dari kran dapur yang direbus atau mandi dan menggosok gigi di kamar mandi, Anda menggunakan air murni yang tidak tercemar.

Baca juga : handal-luncurkan-produk-water-heater-ramah-lingkungan

3. Pipa dan Peralatan Air yang Lebih Tahan Lama

Ada banyak bahan kimia berbahaya yang dapat menumpuk seiring waktu dan merusak sistem pompa dan pipa air Anda. Peralatan yang digunakan dalam sistem perpipaan seperti kran, pembuangan sampah, dan pencuci piring juga dapat terpengaruh secara negatif oleh air yang keras atau terkontaminasi.
Air yang mengalir akan disaring dan ketika melewati pipa tidak meninggalkan kotoran sehingga dapat membantu sistem perpipaan Anda bertahan lebih lama, mengurangi biaya yang timbul dari perbaikan pipa dan peralatan suplai air lainnya, Ada baiknya jika Anda memasang sistem filtrasi air di rumah agar bisa mengkonsumsi air murni untuk
semua kebutuhan hidup.Sistem filtrasi air memberikan solusi yang aman, sederhana, dan lebih terjangkau untuk memastikan bahwa Anda mengkonsumsi air yang sehat.

Yuk, gunakan filter air handal untuk kebutuhan rumah tangga Anda sekarang juga! Anda bisa menghubungi kontak kami melalui kontak di bawah atau klik disini